Fitur Sumber Belajar Menumbuhkembangkan Karakter Belajar Mandiri

 

Seperti yang telah dijelaskan pada postingan sebelumnya, bahwa Rumah Belajar adalah portal pembelajaran resmi milik Kemdikbud yang lahir dengan didasari pada kesadaran akan tren pendidikan di era digital dengan karakteristik peserta didik yang membutuhkan kepraktisan dalam mengakses informasi. Fitur-fitur yang ada pada Rumah Belajar menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas sehingga pembelajaran dapat dilaksanakan secara dinamis untuk mendukung penerapan Belajar dari Rumah.

Sumber Belajar

 


Selama masa pandemi Covid-19, Rumah Belajar telah banyak berperan dalam menyediakan layanan pendidikan yang berguna dalam mendukung pembelajaran jarak jauh (Belajar dari Rumah) Yang mana, program Belajar dari Rumah tersebut sangat mensyaratkan kemandirian belajar siswa, kesiapan penyelenggaraan pembelajaran kreatif dan inovatif oleh guru, serta peran pendampingan orang tua.

 

Lalu, bagaimanakah memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada portal Rumah Belajar ini untuk dapat menumbuhkembangkan karakter belajar mandiri sepanjang hayat bagi peserta didik di tengah pembelajaran jarak jauh seperti sekarang ini?

 

Sumber Belajar

Fitur Sumber Belajar adalah salah satu fitur pada portal Rumah Belajar  yang menyediakan berbagai macam konten pembelajaran dengan media yang beragam seperti video, audio, laman interaktif yang diperuntukkan bagi guru dan peserta didik di semua jenjang pendidikan mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK dan sederajat.

 

Fitur Sumber Belajar

Kelebihan fitur Sumber Belajar antara lain.

1.   Merupakan sumber pembelajaran terbuka (Open Educational Resources) yang dapat diakses oleh siapa saja.

2.   Tampilan menarik da nisi konten variatif mulai dari gambar, audio, video, animasi, simulasi, dan gim.

3.   Tersedia untuk semua jenjang pendidikan.

4.   Dapat dimanfaatkan secara daring maupun luring.

5.   Dapat diakses secara mudah melalui PC maupun HP (tersedia di PlayStore).

 

Fitur sumber Belajar menyediakan konten audio, video, maupun konten web yang dapat dimanfaatkan secara gratis.

 

Langkah dalam mengakses sumber belajar:

1.   Buka Browser pada komputer/laptop.


2.   Tuliskan alamat portal rumah belahar: belajar.kemdikbud.go.id, pada bagian address bar. Setelah menuliskan alamat pada web browser maka akan muncul tampilan utama portal Rumah Belajar.


Tampilan Awal Portal Rumah Belajar



3.   Untuk mengakses sumber Belajar, kita bisa login dulu atau tidak. Geser kursor ke bawah untuk melihat mesua fitur Rumah Belajar. Arahkan kursor ke fitur Sumber Belajar lalu klik Coba Sekarang.

     Maka akan tampak konten terbaru dari Sumber Belajar yang berupa Video, Audio, maupun Web.


Konten Video Sumber Belajar


Konten Web Fitur Sumber BelajarKonten Audio Sumber Belajar



4.   Pada menu sebelah kiri terdapat pengelompokan konten berdasarkan jenjang pendidikan mulai dari Paket B, Paket C, SLB, Paket A, PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, Non Kurikulum (umum). Silakan pilih jenjang yang diinginkan maka akan tampil semua konten fitur Sumber Belajar (Video dan Web) pada jenjang tersebut.


Menu Sumber Belajar



5.   Pada bagian kanan atas terdapat menu pencarian. Pengguna dapat menuliskan langsung topik yang akan dicari pada kolom pencarian atau menekan menu filter untuk menemukan konten materi berdasarkan jenis konten, jenjang, kelas, mata pelajaran dan topik kemudian menekan tombol cari, maka konten yang difilter akan ditampilkan.


6.   Setelah menemukan konten yang diinginkan, konten tersebut dapat diunduh jika ingin memutarnya secara offline.

 

Tahapan Pemanfaatan Fitur Sumber Belajar

1.   Mengakses konten yang tersedia di fitur sumber belajar sesuai dengan materi pembelajaran.

2.   Mengunduh konten Sumber Belajar jika akan dimanfaatkan secara offline.

3.   Guru memberikan link konten materi pembelajaran yang terdapat di fitur Sumber Belajar atau softfile materi yang telah diunduh oleh guru melalui sarana yang tersedia, misalnya WA grup.

4.   Guru memberikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk mendukung aktivitas pembelajaran.

5.   Bagi daerah yang tidak terjangkau internet, guru dapat mencetak materi pada Sumber Belajar untuk diberikan sebagai penugasan secara mandiri di rumah.

6.   Peserta didik mengumpulkan dan mengolah informasi yang terdapat pada Sumber Belajar secara diskusi kelompok maupun individu.

7.   Peserta didik mengerjakan LKPD dengan bimbingan dan arahan guru.

8.   Peserta didik menyajikan hasil pembelajaran melalui sarana yang tersedia, misalnya WA grup, video conference, telegram, dll.

9.   Guru memberikan informasi tambahan, penguatan, koreksi terhadap hasil belajar peserta didik.

10. Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan hasil belajar yang telah dilakukan.

 

Bagaimana pemanfaatan fitur sumber belajar menumbuhkembangkan karakter belajar mandiri bagi peserta didik?

Pesertadidik yang terlatih untuk terlibat aktif dalam pembelajaran akan belajar lebih baik daripada hanya mendengarkan ceramah guru secara pasif. Dipadukan dengan keterampilan guru dalam membangun komunikasi yang membuat nyaman untuk bertanya maupun berkomentar secara langsung, mendukung percakapan bolak-balik dapat terjadi saat melakukan eksplorasi sumber belajar dapat menumbuhkan kepercayaan diri peserta didik. Dukungan ketersediaan materi pembelajaran yang menarik dapat menciptakan suasana interaksi yang hangat antara guru dan peserta didik juga memungkinkan tumbuh suburnya rasa ingin tahu dalam diri peserta didik. Di sinilah letak sinergi antara Sumber belajar, kehangatan guru, dan rasa percaya diri serta keingintahuan peserta didik yang dapat membangun karakter belajar mandiri tersebut.

 

Bagaimana? Sudah berani mengambil langkah untuk memulai?

 

Temukan informasi selengkapnya melalui https://belajar.kemdikbud.go.id

Ikuti pada

Instagram: @belajar.kemdikbud

YouTube: Rumah Belajar Kemdikbud

Facebook: Rumah Belajar Kemdikbud

 

Sumber: Panduan Belajar dari Rumah dengan Memanfaatkan Rumah Belajar, Pusdatin Kemdikbud.

 


Komentar