Kiat Menyusun Penulisan yang Menarik

Pada Kuliah Umum PembaTIK Level 4 hari ketiga, Rabu, 16 September 2020, Ibu Asma Nadia sebagai salah satu narasumber pakar menyampaikan materi tentang "Kiat Penulisan yang Menarik". Ibu Asma Nadia adalah seorang novelis best seller di Indonesia. Keluarga beliau semua adalah penulis, termasuk suami dan anak-anak. Ibu Asma Nadia sudah menulis 60 buku, dan sudah berkeliling dunia karena kegemarannya menulis tersebut. Dari 60 buku yang dihasilkan, sudah 10 buku yang difilmkan.



Ibu Asma Nadia menyampaikan beberapa keunggulan berprofesi sebagai penulis. Keunggulan profesi penulis itu bahwa penulis adalah profesi yang tidak ada bosnya. Jadi kita bebas menentuan kepenulisan kita sendiri. Penulis juga merupakan profesi yang tidak ada diskriminasinya, tidak memandang/membedakan fisik, semua orang punya peluang yang sama untuk bisa menjadi penulis. Menulis juga sangat fleksibel dari segi waktu dan tempat, bisa dilakukan kapan saja, dan bisa dikerjakan dari rumah. Selain itu, menjadi penulis adalah profesi yang bekerjanya satu kali, misalnya kita mengirimkan tulisan kita ke surat kabar, kemudian diterbitkan menjadi buku, kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa asing, atau difilmkan semua itu hanya perlu satu kali dalam mengerjakannya. Dan, keunggulan yang paling penting adalah sebuah karya yang abadi.


Lebih lanjut, Ibu Asma Nadia menyodorkan sebuah pertanyaan, "Apakah menjadi penulis itu memerlukan bakat?"

Ternyata menurut hasil penelitian yang dipaparkan oleh Ibu Asma Nadia, menjadi penulis itu adalah 5% keberuntungan, 5% bakat, dan 90% kerja keras. Jadi, walaupun seseorang tidak memiliki bakat menulis, tetap bisa menjadi penulis selama mau bekerja keras. Keberuntungan mungkin akan menyebabkan seorang penulis lebih dahulu dapat bertemu penerbit. Intinya, untuk yang merasa tidak berbakat dalam menulis, jangan berkecil hati, tetap bisa menjadi penulis.


Dalam kesempatan tersebut, Ibu Asma Nadia juga menyampaikan pentingnya motivasi dalam menulis. Alasan yang kuat dalam menulis atau motivasi dalam menulis, akan membuat seseorang terus menulis. Sebelum menulis, seseorang perlu menemukan motivasi dalam menulis. Motivasi yang kuat, ditambah rasa cinta terhadap aktivitas menulis akan membuat seseorang terus menulis. Setelah menemukan motivasi dalam menulis, maka otomatis seseorang akan mencari dan mencoba untuk menemukan teknik dalam menulis. Jadi, yang pertama dan utama untuk menjadi penulis adalah motivasi menulis, bukanlah pengetahuan tentang teknik menulis. Motivasi menulis, misalnya ingin membuat orang tua menjadi bangga. Bagi seseorang yang sudah menemukan motivasinya dalam menulis, maka baginya nanti menulis itu bukan sekedar ide bagus, bukan sekedar hiburan mengisi waktu luang, mengangkat hal-hal yang berawal dari keresahannya.


Menulis adalah sebuah keterampilan, yang artinya bisa dipelajari. Latihan menulis yang termudah yang dapat kita lakukan adalah menuliskan kisah-kisah nyata, pengalaman yang paling berkesan, paling menyedihkan, atau paling membahagiakan.


Ada beberapa tips kunci tulisan yang menarik yang dibagikan oleh Ibu Asma Nadia, diantaranya:

1. Originalitas ide, artinya ide tulisan yang kita miliki hendaknya adalah sesuatu yang baru, belum pernah dibahas, dan dekat dengan pembaca.

2. Teknik penyajian, sajikan tulisan kita dengan kemasan judul yang menarik, konflik yang kuat, latar waktu dan tempat yang menguatkan tulisan kita, serta ketepatan dalam menempatkan penokohan.

3. Bentuk cerita, bagaimana kita menyajikan unsur-unsur dalam cerita, ending yang berkesan.


Langkah sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan penelitian sederhana, misalnya dengan mengamati cara novelis-novelis top dalam menyajikan tulisannya, bagaimana mereka mengemas ceritanya, dan bagaimana mereka mengakhiri ceritanya. Jika tulisan kita nantinya akan diterbitkan sebagai sebuah buku, maka hal-hal yang harus diperhatikan adalah isi buku, segmentasi pasar (siapa yang akan menjadi pembaca bagi buku kita, apakah remaja, ibu rumah tangga, ataukah yang lainnya), menyasar pembaca perempuan, perhatikan sosok buku, buatlah buku yang dibutuhkan, terbitkanlah pada waktu yang tepat, lakukan promo lewat berbagai media, manfaatkan sosial media, dan jadikan buku yang kita buat sebagai buku yang mempunyai pesan.


Demikianlah resume singkat yang dapat saya buat berdasarkan materi Kuliah Umum PembaTIK Level 4 "Kiat Menulis yang Menarik" yang disampaikan oleh Ibu Asma Nadia. Untuk mendapatkan pembahasan lebih lengkap silakan klik DI SINI.


Temukan informasi selengkapnya mengenai Portal Rumah Belajar Kemdikbud melalui https://belajar.kemdikbud.go.id

 

Jangan lupa ikuti media sosialnya pada:

Instagram: @belajar.kemdikbud

YouTube: Rumah Belajar Kemdikbud

Facebook: Rumah Belajar Kemdikbud


Komentar