Membuka Kembali Catatan Kuliah Umum, Segudang Manfaat untuk Berbagi

Lima pekan sudah kiranya menerima kepercayaan yang sangat luar biasa, Sahabat Rumah Belajar Provinsi Bali Tahun 2020. Mulai dari menerima pengumuman kelulusan di Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) Level 3, pengumuman berhak melanjutkan ke PembaTIK Level 4. Dan, sudah tiga hari terakhir ini menjalankan tugas berbagi TIK bagi rekan-rekan guru di Kabupaten Jembrana.

Pada saat melaksaakan tugas berbagi TIK ini, terbersit kembali ingatan saya tentang masa mengikuti rangkaian Kuliah Umum PembaTIK Level 4, bahwa begitu banyak ilmu yang didapat pada acara tersebut, yang kini dapat diterapkan selama kegiatan berbagi TIK. Kuliah Umum tersebut bertajuk Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar. Rangkaian kegiatan Kuliah Umum PembaTIK Level 4 yang telah dilaksanakan mulai hari Senin, 14 September 2020 sampai hari Jumat 18 September 2020, telah banyak membekali kami, Sahabat Rumah Belajar, guru-guru, bahkan masyarakat luas tentang berbagai keterampilan yang sangat diperlukan untuk dapat berbagi. Diantaranya keterampilan menulis, keterampilan mengelola sosial media, keterampilan berbagi lewat video conference, serta keterampilan berbicara di depan khalayak (Public Speaking).


Kuliah Umum PembaTIK Level 4

Kebijakan Pendidikan

Kiat Sukses Berbagi TIK

Motivasi Guru Belajar

Penulisan yang Menarik

Tips Membangun Sosial Media yang Menarik

Memanfaatkan Media Video Conference untuk Berbagi



Yang menjadi Narasumber dalam Kuliah Umum tersebut adalah:

1.    Nadiem Anwar Makarim, MBA. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

2.    Prof. Ainun Na’im, Ph.D. Sekretaris Jenderal Kemdikbud.

3.    Dr. Iwan Syahril,Ph.D. Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan kemdikbud.

4.    M. Hasan Chabibie, ST., M.Si. Plt. Pusat Data dan Informasi Kemdikbud.

 

Sebagai Narasumber Pakar dalam Kuliah Umum PembaTIK Level 4 tersebut ada pula:

1.  Charles Bonar Sirait, S.E., M.M (Kiat Sukses Bagi Para Pendidik untuk Berkomunikasi dengan Publik).

2.    Asma Nadia (Kiat Menyusun Penulisan yang Menarik).

3.    Wicaksono (Tips Membangun Sosial Media yang Sukses).

4.  Prof. Dr. Ir. R. Eko Indrajit, M.Sc., MBA., Mphil. MA (Pemanfaatan Media Video Conference untuk Berbagi).

5.   Butet ManurungMotovasi Guru dalam Mendidik: Belajar dalam Mengajar).

 

Berkesannya acara Kuliah Umum tersebut juga saya rasakan karena ada MC dan para moderator keren, yakni Master of Ceremony: Dhoni Kusmanhadji (Anchor TVRI)

Moderator:

1.    Restyn Yusuf (Guru Duta Rumah Belajar Papua Barat).

2.    Tukijo (Guru Duta Rumah Belajar Jawa Tengah).

3.    Dona Yulia Sari (Guru Duta Rumah Belajar Jambi)

4.    Deni Rohendi (Guru Duta Rumah Belajar Jawa Barat)

5.    Muhammad Ariefin (Guru Duta Rumah Belajar Jawa Barat)


Pada pembukaan kegiatan, yang sekaligus membuka Diklat Guru PembaTIK Level 4, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim, MBA., menyampaikan bahwa guru-guru yang menjadi Duta Rumah Belajar dan Sahabat Rumah Belajar merupakan cikal dari guru-guru penggerak, guru-guru dengan inisiatif dan semangat yang tinggi untuk terus berpacu dengan tuntutan zaman. Untuk menghadapi tantangan di masa depan yang tidaklah berarti semaki mudah. Pada sambutan tersebut. Bapak Menteri juga mengapresiasi para Duta Rumah belajar yang tanpa pamrih telah menjadi contoh di daerah masing-masing dalam melakukan inovasi pembelajaran. Beliau menyatakan bahwa bersama segenap jajaran di Kemendikbud akan selalu siap mendukung inisiatif para Duta Rumah Belajar. Menurut Bapak Menteri, angka partisipasi PembaTIK 2020) merupakan pencapaian yang luar biasa, yang menjadi penanda bahwa semakin banyaknya guru yang ingin meningkatkan kemampuan untuk mengimplementasikan teknologi ke dalam proses belajar mengajar. Bapak Menteri juga menyampaikan harapannya bahwa semangat gotong royong di masa pandemi agar bisa diteruskan, agar semua lebih siap beradaptasi, siap melakukan perubahan, dan tidak lagi menunggu perubahan itu terjadi. Masa pandemik Covid-19 telah memaksa semua untuk meberikan usaha yang ekstra keras dan ekstra cerdas, sehingga pembelajaran dapat terus berlangsung. Kompetensi guru dalam penguasaan teknologi menjadi krusial. Demikianlah kata-kata Bapak Menteri yang sangat membekas dan membangkitkan motivasi.

Guru Penggerak

Duta Rumah Belajar

Partisipasi PembaTIK

Pembelajaran adaptif

Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19



Jika sahabat ingin menyaksikan siaran Sambutan Mendikbud ini dapat menyaksikannya di Channel Youtube Rumah Belajar Kemdikbud dengan cara klik DI SINI

Awal diumumkan mengikuti PembatIK Level 4yang penuh dengan kebingungan, berubah cerah setelah mengikuti Kuliah Umum. Apa yang akan terjadi jika kami tidak mendapat Kuliah Umum ini?


Temukan informasi selengkapnya melalui https://belajar.kemdikbud.go.id

Ikuti pada

Instagram: @belajar.kemdikbud

YouTube: Rumah Belajar Kemdikbud

Facebook: Rumah Belajar Kemdikbud




Komentar