Menjalin Komunikasi dan Kolaborasi Langkah Sukses untuk Berbagi

Jangan menunggu kesempatan besar baru berbagi, berbagilah kapan saja. Tidak perlu menjadi ahli untuk dapat berbagi, bagikan hal yang bermanfaat. Demikianlah kata-kata bijak yang sangat menginspirasi saya untuk dapat berbagi dan memiliki semangat berbagi. Karena kita adalah makhluk sosial yang tidak dapat memenuhi semua kebutuhan sendiri. Kita selalu berinteraksi, berkerja sama dan berkolaborasi dengan orang lain. Dari sinilah terbersit ide untuk mengadakan kolaborasi bengan sahabat Rumah Belajar untuk dapat berbagi manfaat Rumah Belajar kepada lebih banyak lagi rekan guru.


Langkah pertama yang saya lakukan adalah melakukan koordinasi dengan pihak terkait bahwa akan melakukan kegiatan sosialisasi Rumah Belajar, atas izin dari kepala sekolah. Koordinasi dilakukan dengan pengawas sekolah sekaligus koordinator wilayah Kecamatan Jembrana. Komunikasi dengan pengawas sekolah sekaligus koordinator wilayah berjalan lancar dan mendapatkan respon positif serta dukungan dukungan. Koordinasi pun dilanjutkan ke Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Jembrana. Setelah beberapa kali melakukan komunikasi langsung maupun melalui saluran konunikasi elektronik dan menyelesaikan urusan administrasi, pihak dinas pun memberikan dukungan penuh.


Tidak berhenti sampai di situ, koordinasi dengan pihak terkait pun dilanjutkan dengan pengurus Kabupaten PGRI Jembrana. Komunikasi yang baik dengan pengurus kabupaten membuat dukungan dengan cepat dapat diputuskan. Bahkan PGRI Kabupaten Jembrana menyatakan kesiapan untuk mewadahi penyelenggaraan sosialisasi Rumah Belajar bagi seluruh guru di Kabupaten Jembrana.

Dukungan dari Kadis Pendidikan dan PGRI
(Penyampaian dukungan oleh Ketua PGRI Jembrana dan Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Jembrana)

Komunikasi sebagai upaya penjajakan juga dilakukan dengan rekan dari Ikatan Guru TIK Bali, menerima saran untuk berkoordinasi langsung dengan Ketua IGTIK Bali juga saya terapkan. Beberapa kali melakukan komunikasi melalui telepon dan aplikasi pesan WA tidak membuat saya lelah, karena besarnya semangat untuk dapat menyebarkan manfaat dan berbagi tentang Rumah Belajar. Dalam upaya komunikasi tersebut, saya berhasil mendapatkan dukungan dan fasilitasi dari IGTIK Bali untuk menyelenggarakan sosialisasi Rumah Belajar

.

Setelah melakukan semua rangkaian koordinasi dengan pihak-pihak yang diperlukan, langkah dilanjutkan kepada upaya membangun kolaborasi. Saya menghubungi para Sahabat Rumah Belajar bukan hanya yang satu provinsi melainkan juga lintas provinsi untuk menawarkan kolaborasi. Sahabat Rumah Belajar Bali yang juga berasal dari Kabupaten Jembrana, Ibu Ni Putu Eva Wahyuniasih, S.S. pertama kali menerima tawaran kolaborasi ini. Bu Eva (demikian nama panggilan beliau) yang merupakan guru SMA Negeri 1 Negara, sempat sekali menemani saya datang ke kantor Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Jembrana untuk berkoordinasi. Selain Bu Eva, ada juga Sahabat Rumah Belajar dari berbagai provinsi yang segera menyambut hangat tawaran kolaborasi yang saya berikan. Di antaranya adalah Ibu Nur Farjrina (SRB Jawa Barat), Bapak Samrin Umasugi (SRB Maluku Utara), Ibu Eunike Hanna Apriani (SRB Sumatera Utara), Ibu Christina Wahyu Cahyani (SRB Kalimantan Barat), dan Bapak Nyoman Fajar Ananda Cipta (SRB Bali).


Setelah terbangun kesepakatan untuk kolaborasi, saya segera membentuk rancang bangun kegiatan yang akan dilaksanakan untuk membumikan Rumah belajar. Ada kegiatan dalam bentuk seminar dan ada pula workshop. Grup percakapan dibentuk untuk memudahkan komunikasi di antara kami. Proses ini menjadi demikian menyenangkan karena selalu ada curah pendapat, saling support, dan saling mendukung di dalam setiap fasenya. Bersama-sama mengambil peran dalam kolaborasi telah memupuk semangat dan persaudaraan di antara kami. Pembagian tugas telah dilakukan mulai dari membuat flyer acara, menyiapkan absensi, menyiapkan room kegiatan, membagi tugas saat acara baik sebagai narasumber, maupun moderator, menyepakati materi yang akan dibagikan kepada peserta, serta mensosialisakan kegiatan, sampai pada penyelenggaraan kegiatan itu sendiri.

flyer sosialisasi 1

flyer sosialisasi 2

flyer sosialisasi 3

flyer sosialisasi 4
(Beberapa contoh flyer yang saya buat dengan Microsoft Word)


membuat meeting di microsoft teams
(Contoh membuat room meeting di Microsoft Teams)


Di sinilah saya menyadari betapa pentingnya membangun jejaring relasi profesional yang baik. Dibarengi dengan upaya untuk terus memperbaiki kemampuan berkomunikasi dengan banyak orang. Membangun kolaborasi guna meningkatkan kualitas pendidikan adalah sebuah keniscayaan.


Temukan Rumah Belajar di PlayStore atau melalui https://belajar.kemdikbud.go.id

jangan lupa ikuti akun media sosial Rumah Belajar pada

Instagram: @belajar.kemdikbud

YouTube: Rumah Belajar Kemdikbud

Facebook: Rumah Belajar Kemdikbud


Saran, Masukan, kritikan yang bersifat membangun sangat dinantikan, silakan isikan di kolom komentar. Terima kasih.



Komentar