Salunglung Sabayantaka Sahabat Rumah Belajar di SD Negeri 6 Pendem

Salunglung sabayantaka adalah sebuah falsafah hidup masyarakat  Bali yang mengandung makna persaudaraan, perasaan senasib dan sepenanggungan, toleransi, dan gotong royong. Falsafah tersebut selalu hidup dalam kehidupan sosial masyarakat, termasuk juga di SD Negeri 6 Pendem. Semangat kekeluargaan, perasaan senasib dan sepenanggungan, toleransi, dan gotong royong selalu terjaga di tempat saya bertugas ini. Di antara semua warga sekolah, semangat salunglung sabayantaka selalu mendasari setiap kegiatan yang dilakukan di sekolah ini. Termasuk kegiatan saya sebagai Sahabat Rumah Belajar.

Sosialisasi Rumah Belajar di SDN 6 Pendem


Sebagai Sahabat Rumah Belajar Bali 2020, sangat banyak mendapatkan dukungan dan motivasi dari semua warga SD negeri 6 Pendem. Seperti halnya saat melaksanakan peran untuk berbagi tentang portal Rumah Belajar kemdikbud di sekolah ini. Sebenarnya, kurang tepat jika dikatakan ada hari dan tanggal tertentu untuk melakukan sosialisasi Rumah Belajar di sekolah ini. Karena di antara warga sekolah, selalu dan setiap saat berbagi tentang kegiatan pembelajaran yang dilakukan termasuk dengan memanfaatkan portal Rumah Belajar. bahkan, sejak saya mengikuti diklat Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) di level-level sebelumnya pun selalu bertukar pikiran dan pengalaman tentang Rumah Belajar.

Sosialisasi Rumah Belajar kepada rekan guru


Namun, untuk lebih resminya (Cieh...), sebagai Sahabat Rumah Belajar, saya berbagi tentang portal Rumah Belajar di SD negeri 6 Pendem yang merupakan tempat tugas saya, pada hari Senin tanggal 5 Oktober 2020. Pada kesempatan tersebut saya berbagi tentang bagaimana menggunakan portal Rumah Belajar dalam Pembelajaran di kelas saya. Dengan berbagai fitur Rumah Belajar yang sangat dapat membantu pembelajaran jarak jauh di masa pandemi, seperti Sumber Belajar, Bank Soal, Kelas Maya, Buku Sekolah Elektronik, Peta Budaya, Edugame, dan lain sebagainya.

Guru Berbagi Rumah Belajar


Walaupun peserta dari sosialisasi ini hanya sedikit (jumlah guru di sekolah saya memang hanya sekian) namun menurut teman-teman peserta, apa yang saya bagikan sangat bermanfaat, sangat memudahkan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi. Para guru di sekolah saya, sudah dapat memanfaatkan konten-konten menarik yang sesuai dengan kelas dan muatan pelajaran yang diampunya. Kini portal Rumah Belajar sudah lebih sering dan intens digunakan dalam pembelajaran di SD Negeri 6 Pendem.

siswa belajar mandiri dengan rumah belajar


Selain berbagi bersama rekan-rekan guru, saya juga membagikan tentang penggunaan portal Rumah Belajar kepada para siswa di SD negeri 6 Pendem. Siswa pun langsung mempraktikkan apa yang saya bagikan tersebut. Sebagian bersar dari siswa kini sudah terbiasa mencari bahan belajar mereka dari Sumber Belajar di Rumah Belajar. Mereka juga sudah bisa menggunakan fitur lain Rumah Belajar untuk belajar mandiri seperti Bank Soal, Buku Sekolah Elektronik, Peta Budaya, dan Edugame.


Berikut daftar hadir sosialisari Rumah Belajar di SD Negeri 6 Pendem


Temukan Rumah Belajar di PlayStore atau melalui https://belajar.kemdikbud.go.id

jangan lupa ikuti akun media sosial Rumah Belajar pada

Instagram: @belajar.kemdikbud

YouTube: Rumah Belajar Kemdikbud

Facebook: Rumah Belajar Kemdikbud


Saran, Masukan, kritikan yang bersifat membangun sangat dinantikan, silakan isikan di kolom komentar. Terima kasih.

Komentar