Sosialisasi Rumah Belajar di Kecamatan Jembrana

Membangun pebelajar mandiri itu perlu kerja keras, ikhtiar, dan sinergi Tri Pusat Pendidikan. Untuk menjaga nyala api belajar siswa kita tetap menyala, para guru mengumpulkan kayu bakar di rimbanya masing-masing, juga memantik batu apinya masing-masing. Namun jika api itu sudah menyala, menyulutkannya kepada pelita yang lain tidak akan membuatnya padam, tidak juga mengurangi nyala itu. Justru bersama kita menjaga nyala itu makin terang benderang. Menerangi dan menghangatkan lebih banyak lagi.


Guru di tengah krisis menjadi pionir menata kembali masa depan.
Sosialisasi Rumah Belajar Hari Kedua di Kecamatan Jembrana



Pada hari Kamis, 8 Oktober 2020 kami melaksanakan sosialisasi Rumah Belajar Kabupaten Jembrana hari kedua, yakni untuk guru-guru di Kecamatan Jembrana. Acara sosialisasi Rumah Belajar kali ini dikemas dalam bentuk Webinar Pendidikan dengan tema "Membangun Pebelajar Mandiri Sepanjang Hayat dengan Rumah Belajar." Acara yang diwadahi oleh PGRI Kabupaten Jembrana tersebut merupakan kolaborasi yang saya prakarsai dengan mengajak dua rekan Sahabat Rumah Belajar (SRB). Rekan kolaborasi kali ini adalah SRB Maluku Utara Samrin Umasugi dan SRB Bali Ni Putu Eva Wahyuniasih. Acara ini diselenggarakan secara daring melalui video konfrensi menggunakan aplikasi Microsoft Teams.

Membuat video pembelajaran dengan Kinemaster


Pada kesempatan tersebut, Bapak Samrin Umasugi membawakan materi tentang bagaimana membuat video pembelajaran di smartphone dengan menggunakan aplikasi Kinemaster. Ibu Ni Putu Eva Wahyuniasih memberikan materi tentang pemanfaatan Kelas Maya di portal Rumah Belajar. Dan saya sendiri, Ni Putu Trisna Sulistyan, membagikan tentang fitur-fitur Rumah Belajar dan pemanfaatannya di dalam pembelajaran. Masing-masing narasumber memperoleh waktu untuk berbagi selama 45 menit termasuk 15 menit untuk tanya jawab.

Peserta yang merupakan guru dari berbagai jenjang pendidikan di Kecamatan Jembrana sangat antusias mengikuti acara dari awal sampai akhir. Terlebih lagi, di akhir sesi dilaksanakan acara hiburan yakni quiz yang berhadian pulsa untuk 4 orang pemenang. Untuk dapat mengetahui tantang acara sosialisasi ini secara lebih lengkap, atau menyimak kembali materi yang disampaikan, dapat menyaksikan video berikut ini.

Berikut ini adalah daftar hadir peserta sosialisasi Rumah Belajar Kecamatan Jembrana.


Tunggu apa lagi, ayo temukan Rumah Belajar di PlayStrore atau melalui https://belajar.kemdikbud.go.id

Jangan lupa ikuti akun media sosial Rumah Belajar di
Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia.


Saran, masukan, dan kritik yang bersifat membangun, silakan isikan pada kolom komentar. Terima kasih.

Komentar