Sosialisasi Rumah Belajar di Kecamatan Mendoyo dan Pekutatan

Selalu semangat untuk berbagi, karena berbagi adalah cara menabung yang paling mudah.


Pada hari Jumat, tanggal 8 Oktober 2020, kami berkolaborasi untuk berbagi tentang portal Rumah Belajar Kemdikbud kepada guru-guru di Kecamatan Mendoyo dan Pekutatan. Acara sosialisari Rumah Belajar ini dikemas dalam bentuk Webinar Pendidikan yang mengusung tema "Membangun Pebelajar Mandiri Sepanjang Hayat dengan Rumah Belajar. Acara ini terselenggara atas prakarsa Sahabat Rumah Belajar (SRB) Bali, Ni Putu Trisna Sulistyan bekerjasama dengan PGRI Kabupaten Jembrana. Dengan menjalin kolaborasi bersama rekan SRB yang lain yakni SRB Bali, Ni Putu Eva Wahyuniasih dan SRB Sumatera Utara, Eunike Hanna Apriani.

Sosialisasi Rumah Belajar Mendoyo dan Pekutatan


Sebelum acara, sudah dilakukan berbagai persiapan diantaranya berkoordinasi dengan pihak terkait, membuat flyer acara, dan mensosialisasikannya lewat media sosial yakni Instagram, Facebook, Whatsapp, dan telegram. Ruang pertemuan virtual juga telah disiapkan yakni menggunakan aplikasi Microsoft Teams.

Peserta dari acara ini adalah guru-guru dari berbagai jenjang pendidikan yang ada di Kecamatan Mendoyo dan Kecamatan Pekutatan. Berikut ini adalah daftar hadir peserta sosialisasi Rumah Belajar di Kecamatan Mendoyo dan Kecamatan Pekutatan.




Pada acara tersebut, Ibu Eunike Hanna Apriani membawakan materi tentang bagaimana membuat video pembelajaran dengan menggunakan Animaker dan Kinemaster. Dalam membuat video pembelajarn tersebut, Ibu Eunike membagikan bahwa Animaker digunakan secara online sedangkan aplikasi Kinemaster dapat dimanfaatkan secara offline. Keuntungan menggunakan Animaker ini adalah bagi guru yang masih kurang percaya diri untuk tampil di depan kamera, tetap bisa menyediakan video pembelajaran yang berkualitas bagi siswanya yakni dengan menggunakan media animasi.

SRB Bali, Ni Putu Trisna Sulistyan, membagikan pengalaman tentang fitur-fitur Rumah Belajar dan pengaplikasiannya dalam pembelajaran. Fitur Rumah Belajar antara lain Sumber Belajar, Bank Soal, Kelas Maya/Kelas Digital, Laboratorium Maya, Buku Sekolah Elektronik, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa, dan Edugame. Berbagai konten dalam fitur-fitur Rumah Belajar sangat memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri. Bagi guru, konten-konten dalam fitur Rumah Belajar dapat diintegrasikan dengan model pembelajaran inovatif sehingga memungkinkan kegiatan pembelajaran yang variatif sehingga siswa tidak bosan.

SRB Bali, Ibu Ni Putu Eva Wahyuniasih membagikan tentang pemanfaatan fitur Kelas Maya di portal Rumah Belajar. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan guru dengan memanfaatkan Kelas Maya, di antaranya adalah kemudahan dalam mengelola kelas, konten LMS yang sudah tersedia, dan kemudahan dalam memberikan evaluasi pembelajaran. Untuk dapat menggunakan Kelas Maya terlebih dahulu sekolah harus mendaftar sebagai sekolah penyelenggara.

Peserta dari kegiatan ini menyatakan sangat banyak manfaat yang didapat dari kegiatan ini. Acara pun berlangsung lancar dan peserta mengikuti dengan antusias sampai akhir acara.

Untuk mengetahui materi yang disampaikan atau untuk melihat acara ini secara lebih lengkap dapat menyaksikan video berikut.




Temukan Rumah Belajar di PlayStore atau melalui https://belajar.kemdikbud.go.id

jangan lupa ikuti akun media sosial Rumah Belajar pada

Instagram: @belajar.kemdikbud

YouTube: Rumah Belajar Kemdikbud

Facebook: Rumah Belajar Kemdikbud


Saran, Masukan, kritikan yang bersifat membangun sangat dinantikan, silakan isikan di kolom komentar. Terima kasih.

Komentar