Tumbuhan Sebagai Sumber Kehidupan

Pernahkah kamu mengamati lingkungan di sekitarmu? Adakah tumbuhan di lingkungan sekitarmu? Tahukah kamu manfaat tumbuhan yang ada di sekitarmu?

 

Tumbuhan di sekitar kita memiliki banyak sekali manfaat diantaranya sebagai sumber makanan bagi manusia maupun hewan. Tumbuhan juga menyediakan oksigen bagi lingkungan dan menyerap karbondioksida. Itulah sebabnya kita dapat bernapas dengan lega jika di sekitar kita terdapat tumbuhan. Maka dari itu, tumbuhan sering disebut sebagai sumber kehidupan.

 

Tahukah kamu bahwa tumbuhan melakukan perkembangbiakan?

 

Perkembangbiakan adalah kemampuan makhluk hidup menghasilkan individu baru yang mempunyai sifat sama dengan induknya. Tujuan makhluk hidup berkembangbiak adalah untuk melestarikan jenisnya. Perkembangbiakan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu generatif dan vegetatif.

 

Perkembangbiakan generatif disebut juga perkembangbiakan secara kawin. Alat perkembangbiakan generatif pada tumbuhan berupa bunga dan biji.

 

Perkembangbiakan vegetatif disebut juga perkembangbiakan secara tak kawin. Alat perkembangbiakan vegetative pada tumbuhan diambil dari bagian-bagian tubuh induknya, contohnya: akar, batang, dan daun.

 

Bagian-bagian Bunga

Bunga adalah salah satu alat perkembangbiakan generatif pada tumbuhan. Bagian bunga yang berperan dalam perkembangbiakan generatif adalah benang sari dan putik. Selain benang sari dan putik, tumbuhan juga memiliki bagian-bagian lain. Perhatikan penjelasan tentang bagian-bagian bunga berikut ini.


1.   Mahkota Bunga

      Mahkota bunga adalah bagian bunga yang memiliki bentuk, warna, dan bau bermacam-macam. Mahkota bunga sering disebut sebagai perhiasan bunga dan menjadi ciri khas sekuntum bunga. Fungsi mahkota bunga adalah untuk menarik serangga guna membantu penyerbukan.

2.   Benang Sari

      Benang sari adalah alat kelamin jantan pada tumbuhan yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan. Benang sari terdiri atas tangkai sari dan kepala sari. Di dalam kepala sari terdapat kotak sari yang berisi serbuk sari. Serbuk sari merupakan sel kelamin jantan pada tumbuhan. Serbuk sari terdiri atas inti generatif dan inti vegetatif.

3.   Putik

      Putik adalah alat kelamin betina pada tumbuhan yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan. Putik terdiri atas kepala putik, tangkai putik, dan bakal buah. Di dalam bakal buah, terdapat bakal biji yang merupakan sel kelamin betina atau sel telur.

4.   Kelopak Bunga

      Kelopak bunga adalah bagian yang membungkus mahkota bunga saat masih kuncup. Saat bunga mekar, kelopak bunga akan terbuka. Fungsi kelopak bunga adalah melindungi bunga saat masih kuncup.

5.   Tangkai Bunga

      Tangkai bunga adalah bagian bunga yang melekat pada batang. Bagian pangkal tangkai bunga biasanya akan membesar membentuk dasar bunga. Tangkai bunga berfungsi sebagai dasar bunga.

Bagian-bagian Bunga


 Jenis-jenis Bunga

Setelah mengetahui tentang bagian-bagian bunga, sekarang perhatikanlah penjelasan tentang jenis-jenis bunga berikut ini.

Jenis-jenis Bunga


Temukan pembelajaran selengkapnya melalui https://belajar.kemdikbud.go.id


Kalian juga dapat mengunduh aplikasi Rumah Belajar dari PlayStore lalu install di HP kalian. 


Jangan lupa ikuti

Instagram: @belajar.kemdikbud

YouTube: Rumah Belajar Kemdikbud

Facebook: Rumah Belajar Kemdikbud


Selamat belajar dan tetap semangat!

Komentar